advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Monday, December 31, 2012

Cara Cepat Belajar Chord Gitar

Cara Cepat Belajar Chord Gitar

Cara Cepat Belajar Chord Guitar


Hallo sobat netter, hari ini kita masuk ke bab ke 2, yaitu Cara Cepat Belajar Chord Gitarjika belum baca bab pertama, baca disini Mengenal Chord Gitar

Saya akan to the point saja, 
Saya tidak akan mempersulit anda yang masih pemula dalam belajar gitar dengan istilah2 membingungkan dan chord yang terlalu banyak, karena too much information kadang justru tidak bagus. Di artikel Cara Cepat Belajar Chord Gitar ini Cara yang saya ajarkan adalah step by step untuk anda yang pemula, bagi yang sudah bisa harap sabar ya, hehe. Ini adalah cara yang paling mudah bagi anda untuk belajar chord sekaligus bisa menghafalnya.

Oke gimana caranya?
sabar,

Pertama

Jangan langsung belajar Chord gitar secara acak tapi belajarlah melalui pola Chord Guitar.

Apa itu pola chord?
Pola adalah urutan kejadian yang diulang ulang, biasanya dalam sebuah lagu, chord akan memiliki susunan pola menyesuaikan nada. Pola pola ini terdiri dari beberapa chord. Dan kabar gembiranya, pola itu sering kali anda temui.
Contoh pola chord gitar:
C - F - G
C - G - Am - G - C
dll 

Oke agar tidak berbelit-belit, mari praktek.

Saya akan berikan anda chord yang paling sering dipakai. Biasanya, sebuah lagu akan memakai chord yang itu-itu saja, dan tersusun dalam sebuah pola. Karena pola itu banyak, maka saya akan mengajari anda di bab ke dua ini chord yang paling sering digunakan dan bisa membuat anda memainkan banyak lagu dengan variasi pola yang berbeda. Yaitu chord C major (C), G major (G), A minor (Am),  F major (F), D minor (Dm), E minor (Em) dan E major (E). Chord ini adalah Chord yang biasanya dipakai pada banyak lagu. Jika tidak dalam pola berurutan maka kadang anda temui dalam bentuk acak, tapi tetap saja Chord nya itu-itu saja.

Bagaimana bentuknya?
perhatikan gambar berikut:
1. C Major (C)
Cara Cepat Belajar Chord Guitar
Chord C major (C)
Cara bacanya: 
Paling atas adalah senar no 1 (string) dan paling bawah adalah senar no 6(bass)
yang ditandai warna hijau adalah yang harus anda tekan dan dipetik, sedangkan bulatan kosong adalah senar yang tidak perlu ditekan tetapi anda boleh memetiknya.

2. G major (G)
Chord G major (G)

 3. A Minor (Am)

Chord A minor (Am)

4. F Major (F)
Chord F major (F)

5. D Minor (Dm)

Chord D Minor (Dm)
6. E minor (Em)
7. E Major (E)


Chord E Major




Kuasai 7 Chord diatas, saya jamin dalam waktu singkat anda akan bisa memainkan banyak lagu, karena pola ini sangat sering dipakai. Tapi apakah cukup 7 itu saja? tentu tidak, saya akan berikan Chord lainnya di posting saya berikutnya setelah anda menguasai 7 chord ini, karena chord dasar masih ada banyak, hehe.

Tapi percayalah, dulu ketika saya belajar gitar secara otodidak cara ini sangat ampuh, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah praktekkan cara ini dengan memainkan lagu favorit anda.

Lagu favorit?

yes, benar sekali

Cara kedua,
Mainkan pola chord tersebut dengan lagu favorit anda.

Pertanyaannya, kenapa harus lagu favorit?
Secara ilmiah, kata pak Tung Desem Waringin, manusia selalu mengalami kejadian setiap harinya, tapi kita tidak akan bisa mengingat semua kejadian tersebut, yang bisa kita ingat adalah hal-hal ketika kita berada di puncak emosi.
Anda pasti ingat kejadian saat anda berada dalam kondisi sangat malu, sangat senang, sangat marah dan mungkin sangat sedih, iya kan?

inilah yang saya maksudkan.

Ketika anda belajar, sebisa mungkin libatkan emosi senang anda. Perasaan sangat senang terhadap lagu, akan menimbulkan kondisi relax dan secara otomatis akan mempermudah anda mengingat apa yang anda lakukan, termasuk mengingat Chord saat belajar gitar. Semakin anda senang dengan lagunya semakin ingin anda untuk menguasainya, belajar menjadi seperti bermain. Siapa yang tidak suka bermain? pasti semua orang suka bukan?

Tapi tunggu dulu, masalahnya apa lagu favorit saya chordnya selalu sama dengan 7 chord diatas?
hmm, bisa jadi berbeda, tapi tenang saja, meskipun chordnya beda tapi polanya tetap sama. Chord diatas adalah wakil dari chord yang sering muncul dalam pola chord, pola chord tergantung dari nada dasarnya, jika C, kemungkinan akan memakai chord2 diatas, jika nada dasarnya D maka akan beda lagi, hanya tinggal disesuaikan saja. Artinya jika anda merasa kesulitan dalam memainkan lagu karena Chordnya susah maka anda bisa membuatnya lebih mudah dengan mengganti nada dasarnya saja.

Bingung?

hehe, Saya akan jelaskan bagaimana caranya mengganti nada dasar chord gitar di post selanjutnya.

Agar tidak bingung, maka sekarang pilih lagu favorit anda dan mainkan tips saya diatas. Jika anda kebingungan belum bisa strumming (genjreng kalo bahasa jawanya) gitar, maka lakukan dengan memetik senar satu persatu atau genjreng satu kali lalu ganti ke chord berikutnya. Pelajari chord dengan perasaan senang, maka pasti akan lebih mempermudah anda untuk bisa dan mengingatnya.


Cara Ketiga,
Perbanyak Latihan

Cara ketiga ini adalah penentu kesuksesan anda dalam menguasai keterampilan apapun, skill itu butuh praktek, praktek dan praktek. Ulangi terus hingga anda bisa, sampai 7 chord diatas benar2 anda hafal dan automatically without thinking (bisa anda lakukan secara otomatis tanpa berfikir). Cari lagu sebanyak mungkin yang bisa anda mainkan dengan chord2 diatas. Semakin banyak anda menguasai lagu maka semakin banyak pula chord yang anda hafal.

Semoga artikel Cara Cepat Belajar Chord Gitar ini bermanfaat untuk anda. Saya akan berikan contoh-contoh lagu yang support dengan 7 chord diatas di post berikutnya. Tetap pantau blog ini ya ^_^

bersambung...
Update...
Contoh lagu untuk latihan chord gitar klik Contoh Chord lagu 1

Pelajari semua materi tentang Belajar Gitar Untuk Pemula disini

5 comments:

  1. arigatou gan, tapi jari saya masih kaku nih, gimana biar gak kaku gitu

    ReplyDelete
  2. mainkan chord berulang ulang, sesering mungkin, dulu ane pribadi latihan gitar sampe berjam jam perhari, makannya bisa lancar
    ayo semangat belajar :D

    ReplyDelete
  3. sep deh udah 3 hari latian di rutinin 2jam perhari, jari gwe udah lumayan bisa di gerakin, tapi kelingking gwe masih bandel wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip bro gian, pokoknya sering - sering aja latihannya

      Delete