advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Wednesday, January 9, 2013

Cara Mudah Membaca Tab Gitar part 2


Hallo sobat netter, Semoga anda selalu sehat dan bertambah kaya.

Kali ini di Cara Mudah Membaca Tab Gitar part 2 saya akan melanjutkan post saya kemaren di cara mudah membaca tab gitar. Saya buat part 2 nya karena membaca tab gitar itu penting untuk belajar gitar dan kedepan belajarguitarzone akan banyak sharing tab gitar jadi saya harap sharing saya kali ini bisa membantu anda. Dalam cara membaca tab gitar part 2 ini saya akan berikan anda beberapa contoh dalam membaca tab gitar.

Oke?

cekidot

Jika kemaren kita berlatih dengan lagu ibu kita kartini, cukup mudah. Sekarang kita akan belajar tab gitar yang agak rumit.

Tab gitar ini adalah potongan dari Tab gitar Indonesia RAya, Guns N ROses cover.

Jika anda belum lihat videonya silahkan cek disini:


Mari kita mulai.



Saya harap anda sudah lihat videonya dan tahu bagaimana lagunya (tentu tahu dong lagu Indonesia Raya)

Oke lihat gambar di bawah

Screenshot ini adalah tampilan tab gitar yang saya buat di software guitar pro 4 (saya memang tidak menggunakan versi terbaru) perhatikan petunjuk pada gambar agar anda mudah memahaminya.


  1. No 1 adalah biramanya, yaitu 4/4 artinya dalam satu birama (1 bar) ada 4 ketukan
  2. No 2 adalah tanda stop artinya jika anda bertemu tanda itu maka anda harus berhenti. Tanda stop ini ada macam2 bentuknya tergantung pada -saya menyebutnya- rentang nada (berapa nada dalam satu ketukan). Simbol2 seperti ini akan saya bahas lain kali
  3. No 3 adalah tab berupa not angka dan anda bisa melihat garis lengkung, itu artinya nada dibunyikan panjang sesuai panjangnya garis lengkung tsb
  4. No 4 adalah angka penanda Bar, artinya setiap kotak berisi tab itu adalah bar. 1 kotak = 1 bar. Gambar diatas adalah menunjukkan ada 4 bar dalam tab gitar Indonesia Raya tersebut.

Maaf jika gambarnya terlalu kecil dan mungkin tidak terlihat, saya akan membahas detailnya di bawah

Sebelum kita lanjut, inilah keistimewaan dari software Guitar Pro. Sebenarnya Tab Gitar yang standart tidak seperti itu. Contoh tab gitar standart adalah seperti pada tab ibu kita kartini kemaren. Tidak ada penanda panjang pendek, berhenti, ketukan dll. Tanda2 seperti ini hanya akan anda temui pada not balok.

Saya akan bahas tentang Guitar Pro lebih detail kapan2

Mari kita kembali ke cara membaca tab di atas, perhatikan gambar dibawah ini:


Perhatikan tanda merah tersebut. Dari paling kiri (no 1) ada angka 3 dan 4 dalam satu baris, artinya itu adalah fret no 3 dan 4 di senar no 3. Di angka 3 ada tanda garis lengkung artinya bunyikan nada di fret no 3 tersebut lebih panjang. (untuk lebih jelas dengan maksud saya, lihat video Gun N Roses nya sambil memainkan tab gitar ini).

Jika anda bingung akan saya berikan ilustrasi di bawah, sekarang lanjut dulu, ok?

Sekarang ke bulatan merah no 2: 
angka tersebut akan membentuk chord F#, tapi disederhanakan, dan karena ada garis lengkungnya maka akan dibaca panjang. 
kurang lebih cara bacanya seperti ini: angka 2 paling atas adalah fret ke 2 di senar no 2. Angka 3 adalah fret ke 3 di senar no 3, dan angka 2 di bawah adalah fret 2 di senar no 6. 

Kira2 untuk bulatan merah no 1 dan 2 ilustrasinya adalah seperti ini:

 

Oke? jelas?

Sekarang ke bulatan no 3:
Disana ada tanda seperti 8/9, iya kan? itu artinya slide. Antara satu nada dengan nada lain dipindah dengan cara digeser. (Agar mudah mengetahui bunyinya perhatikan videonya ya). Di gambar tersebut ada 2 nada yang diberi tanda slide yaitu fret no 10 senar no 2 dan fret no 8 di senar no 5. Cara bacanya mudah yaitu: tekan fret no 10 senar no 2 dan fret no 8 senar no 5 secara bersamaan. Kemudian di slide ke nada berikutnya.
Perhatikan ilustrasi gambar berikut ini: 


Mudah bukan?

kita lanjut ke bulatan merah no 4:
sebelum menuju pada angka ada tanda stop disitu, berarti anda diminta untuk stop setelah memainkan nada sebelumnya. Kemudian ada angka 11 ( tekan fret no 11 senar no 2) lalu lanjutkan tekan fret 9 disenar no 2 , fret 10 (senar no 3) dan fret 8 (senar no 5) secara bersamaan. Dan di lanjut dengan tekan fret no 9 (senar no 2 lagi).
Jika anda bingung lihat gambar berikut:


Nah inti dari membaca tab adalah seperti itu. Cara baca tab gitar memang mudah dan dan Tab Gitar itu memudahkan. Ada tips praktis agar anda bisa gampang dalam membaca tab gitar ini. Sebenarnya ini hanya masalah kebiasaan, jika anda terbiasa membaca tab gitar, anda hanya melihat angkanya saja maka anda sudah bisa memainkannya nadanya di gitar anda.

Nah untuk mempermudahnya jika anda menemui bentuk-bentuk tab gitar yang melibatkan chord seperti di atas, biasanya masalah yang ditemui adalah posisi tangan yang tidak enak karena terlalu mengikuti angka di tab gitar step by step. Akibatnya anda akan kerepotan dan jari anda kemana-mana.

Untuk itu saya sarankan ketika menemui bentuk tab seperti di bulatan no 4, pertama tama posisikan jari anda membentuk rangkaian tab yang melibatkan banyak angka untuk ditekan. misalnya di bulatan no 4 itu ada angka 9, 10 dan 8. Nah usahakan anda membentuk posisi di fret dengan 3 angka tadi (Lihat bulatan merah di ilustrasi terakhir). Abaikan angka sebelumnya maupun sesudahnya (dalam gambar ada angka 11 di sebelum dan 9 sesudah angka itu) dengan begitu jari tangan anda akan terkondisikan dan percayalah nada sebelum dan sesudahnya akan terjangkau. 

Jika nanti anda menemui ternyata ada banyak tab yang membentuk chord, ya mainkan satu persatu. Tidak ada cara lain. Latih terus cara ini berulang-ulang hingga anda hafal  dengan posisi fret yang ditunjukkan dengan angka.

Percayalah, meluangkan waktu anda untuk melatih kemampuan membaca tab gitar akan sangat berpengaruh pada perkembangan anda dalam bermain gitar.

Mungkin itu saja yang bisa saya share hari ini

Jangan lupa praktek terus.

Saya akan share tab gitar lagu Indonesia Raya Guns N Roses tersebut versi lengkapnya di sini Guns N Roses - Indonesia Raya Cover review

Anda boleh bertanya, atau memberi komentar apapun tentang topik ini, (asalkan jangan SPAM ya) di kolom komentar. Agar kita bisa berinteraksi dan saling berbagi ilmu...

see you

Lihat semua artikel lain tentang Belajar Guitar dari nol khusus pemula disini


No comments:

Post a Comment