advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Tuesday, January 1, 2013

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 (UPDATE)

Cara Cepat Belajar Chord Guitar part 3 (UPDATE)

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 (UPDATE) adalah update dari versi sebelumnya yaitu Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3. Sekarang kita akan masuk ke 4 Chord selanjutnya yang saya janjikan di post Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3.

Chord-chord ini masih dalam kelompok chord minor, yaitu F minor (F), G minor (Gm), G kres minor G#m), A kres minor (A#m). Agar lebih mudah untuk belajar bentuk chord-chord ini kita akan pakai chord tersebut pada nada di senar no 6 (yaitu nada Fm, F#m, Gm, G#m dll).
Perhatikan gambar berikut:


Bentuk Chord G minor
Perhatikan baik-baik gambar tersebut, lihat bentuk dan posisi jarinya baik-baik. semua bentuk chord minor pada nada di senar 6 memiliki bentuk yang sama.

Jika kurang jelas lihat gambar berikut:

G minor Chord
Bentuk Chord G minor
Posisi senar yang dipetik adalah semua senar yang ditekan, dimulai dari senar nomer 6 (bass) sampai no 1 (string). Bentuk chord seperti ini berlaku untuk semua chord dasar pada nada di senar no 6, baik itu Gm, Fm, F#m, maupun 4 chord yang saya berikan pada materi artikel ini.

Untuk itu mulai pelajari dan praktek bentuk chord G minor (Gm) ini sekarang. Untuk lebih mudahnya perhatikan gambar berikut: 

1. G minor (Gm)
cord g minor
Cara bacanya:
Paling atas adalah senar no 1 (string) dan paling bawah adalah senar no 6(bass)

yang ditandai warna hijau adalah yang harus anda tekan dan dipetik, sedangkan bulatan kosong adalah senar yang tidak perlu ditekan tetapi anda boleh memetiknya. 

Fret nomor 1 dimulai dari paling kiri, fret dengan titik berjumalah 2 buah adalah fret no 12
 2. F minor (Fm)

cord F minor

3. G # minor (G#m)


4.  A kres minor (A#m)


Yak, itulah 4 chord minor yang harus anda kuasai di materi ini. Materi Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 (UPDATE) akan berhasil jika anda bisa memainkan lagu yang menggunakan chord - chord diatas. Maka dari itu saya akan berikan contoh lagu untuk melatih chord-chord di atas di post selanjutnya. Harap sabar ya, hehe.

Tips dari saya sebelum mengakhiri materi Cara Cepat Belajar Chord Guitar part 3 (UPDATE) adalah, pelajari ke 4 nya tapi fokuskan ke salah satu chord saja. Contoh jika anda belajar Fm, maka kuatkan chord Fm dengan cara memainkan lagu sebanyak mungkin yang mengandung chord tersebut. Jika anda sudah lancar 1 chord F minor saja, percayalah secara otomatis 4 chord diatas dan juga chord - chord minor pada nada di senar no 6 yang lain akan dengan mudah anda kuasai dan mainkan.

Demikian materi Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 (UPDATE) ini.

nantikan materi selanjutnya di post berikutnya.

see you..

Materi selanjutnya klik disini Contoh Chord Lagu 6

Lihat semua materi Belajar gitar untuk pemula, step by step di sini


No comments:

Post a Comment