advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Saturday, January 5, 2013

Cara Mudah Belajar Kunci Tegak


Cara Mudah Belajar Kunci Tegak

Apa kabar semuanya, semoga anda sehat selalu dan bertambah kaya (amin)

Banyak orang terutama pemula bisa dengan mudah menguasai chord selain kunci tegak, tapi ketika mencoba kunci tegak, mereka akan kesulitan. Saya adalah salah satunya, hehe

Dulu ketika saya belajar kunci tegak saya akui saya benar-benar kesulitan menguasainya, tapi karena semangat yang tinggi akhirnya saya berusaha menemukan cara mudahnya. Tips berikut ini adalah hasil dari
pengalaman saya dulu belajar kunci tegak, semoga berguna untuk anda.

1. Cara pertama: Jangan Menganggap Bahwa Kunci Tegak itu Susah.
Ini penting, karena masalah keyakinan. Saya yakin kebanyakan dari anda yang baru belajar kunci tegak merasa sulit memainkan kunci ini, tangan menjadi kaku, sakit dll. benar bukan?

Tapi asal anda tahu, sebenarnya itu adalah proses yang wajar kok, setiap pemain gitar saya rasa pernah dan sudah mengalaminya. Bahayanya adalah karena kesulitan itu kemudian anda memilih menyerah dan tidak mau belajar..

hmm,
ini yang fatal..

Padahal kunci tegak itu gampang lho

Yang harus dilakukan cuma satu aja..

Just do it

Lakukan aja...

Latih kunci tegak tiap hari, sakit atau jari2 kaku akan hilang kok kalau anda terbiasa melatihnya.

Dan bayangkan jika anda bisa menguasainya maka jujur saja banyak lagu yang bisa anda mainkan. Lagi pula anda akan terlihat lebih keren jika memainkan gitar dengan kunci tegak, percaya deh. (menurut pengalaman saya sih, ^_^)

2. Cara Kedua, Kunci Tegak itu Mudah karena Bentuknya Sama

Hah? yakin bentuknya sama?

Yup
Pada dasarnya bentuk kunci tegak ya itu-itu saja...
Kalo kita bicara kunci tegak (yang chord dasar, tanpa variasi macem2) bentuk yang harus anda kuasai hanya ada 4 saja. Jika anda kuasai 4 bentuk ini saja, maka anda akan dengan mudah memainkan kunci tegak yang lain.

4 itu adalah 2 untuk mayor dan 2 untuk minor. Semua ini sudah dibahas di tutorial sebelumnya bukan?
Kalo belum baca, klik disini

3. Cara Ketiga, Kuasai 4 Kunci Tegak yang Paling Gampang

Saran saya kuasai 4 chord ini:

1. Bm,

2. F#m

3. B

4. G (dalam kunci tegak)

Kenapa 4 itu? Karena posisinya dekat dengan cord biasa. Anda bisa melatihnya pada lagu yang menggunakan salah satu dari 4 chord itu atau bisa langsung melatihnya tanpa lagu. caranya?
Mainkan rangkaian chord ini tiap hari. minimal 3x sehari

1. D - Bm - F#m - D - Bm - F#m dst ulangi sampe bisa

2. D - Bm - F#m - (ulangi 2x) - G - B

Kalau saya lebih memilih menggunakan lagu, dulu saya pake lagunya jamrud Surti Tejo.

4 chord tersebut boleh anda latih secara langsung atau dicicil satu persatu, saran saya cicil saja satu persatu dengan memainkan lagu, misal kuasai Bm dulu, baru F#m dst. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk menghafalnya

Oke kita lanjut...
4. Cara keempat, (ini yang paling dahsyat), mainkan kunci tegak di gitar yang jarak antara fret dengan senarnya berjauhan.

Cara ini sangat ampuh. Anda tentu tahu kalau gitar itu banyak jenisnya, kondisi gitar seperti ini sering dijumpai di gitar2 yang harganya relatif murah (dibawah 100rb). Kalo gitar2 mahal biasanya jarak fret dengan senar sangat dekat sehingga mudah untuk memainkan chord, tapi kalau gitar2 yang murah biasanya jaraknya jauh, sehingga memainkan chord memerlukan tenaga dan perjuangan. Haha

Tapi jangan salah, cara ini sangat efektif untuk melatih dan membiasakan tangan anda dengan fret gitar, karena ketika sudah terbiasa rekoso (susah) memainkan cord di gitar tersebut, anda akan dengan mudahnya memainkan chord di gitar yang jarak antar senar dan fret nya dekat. Bahkan saya yakin anda akan terkejut dengan hasilnya. Buktikan sendiri deh, hehe

Kelemahan cara ini adalah anda harus berganti gitar,

kalo ga punya gimana dong?

Pinjem temen anda...

Kalo tetep ga ada?

latih saja dengan 3 cara sebelumnya, saya rasa itu cukup kok kalau anda tekun berlatih.

Sekali lagi metode ini adalah yang dulu saya lakukan, anda boleh tidak sependapat

Anda juga boleh berkomentar apa saja berkaitan dengan tema diatas dikolom komentar (asal jangan SPAM ya) agar kita bisa lebih saling mengenal dan bertukar ilmu

semoga bermanfaat

see you again di post berikutnya

Lihat semua artikel lain tentang Belajar Guitar dari nol khusus pemula disini 

8 comments:

  1. ga d tampilin gambar kunci tegaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada bro di artikel2 sebelumnya cek aja ya :D

      coba baca yang ini
      http://belajarguitarzone.blogspot.com/2012/12/hallo-sobat-netter-hari-ini-kita-masuk.html

      Delete
  2. kakak tau gak . . . cara membuat lagu . .. .tapi pake cari chord gitar sendiri .. .

    plisss kasih tau yah gan .. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ni ane kasih masukan secara umum aja ya, karena ane sendiri juga bukan pencipta lagu, paling cuma aransemen2 aja (insrumental), hehe.

      Dari hasil pengamatan ane dari musisi2 yang udah pinter bikin lagu. Seperti Ahmad Dhani, Bebi Romeo dll, ada beberapa faktor yang biasanya dimiliki mereka antara lain:
      1. kalo mau bikin lagu, Liriknya harus oke dan mulai nyiptain lagunya dari liriknya dulu, setalah jadi baru tentuin nadanya.

      2. Biar jadi bagus cari referensi lagu2 yang oke nadanya maupun liriknya biar bisa jadi sumber inspirasi. Semakin banyak referensi lagu dan musik makin mudah bro teguh bikin lagunya. agan tentu tau ahmad dhani kan? beliau bisa oke banget lagu2nya, karena referensi musiknya juga luar biasa banyak. Makin banyak wawasan musik = makin banyak ide bikin lagu

      3. Masalah chord sebisa mungkin dilancarin dulu maininnya, dan pelajari chord2 bukan hanya basic tapi juga yang banyak variasinya. kadang kalo progresi chord nya bagus bisa juga jadi sumber lagu yang bagus. Ane pernah denger lagunya Ahmad dhani sm Bebi Romeo yang Aku Cinta Kau dan Dia diciptain gara2 progresi chordnya emang oke

      4. Pelajari software musik, sama not balok atau tab gitar buat nulis karya agan. Dengan ditulis maka akan lebih mudah mengingat dan mengoreksi karya agan biar tambah oke

      mungkin itu deh tips dari ane,
      Selamat Datang di Belajarguitarzone ya :D

      Delete
  3. Kalo cara belajar Memainkan Rhytem dengan Banyak fariasi terus bisa belajar mainin melody tuh gmna gan.....?biar bisa masukin intonasi nada campuran dengan chord2 yg lebih simpel tapi inovasi bentuk nadanya kaya akan banyak suara mohon masukannya ya gan.

    ReplyDelete
  4. Makasih banyak buat tutorial belajar gitarnya bang ryon akbar, jadi udah mulai bisa sedikit sedikit main gitar ni hehe.. Terus ngepost ya bang dan thanks buat tutorial nya...

    ReplyDelete
  5. Susah banget gan, Ada ga gantinya?

    Misalnya F#m = D

    (misalnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ganti gimana ya?
      kalo transpose ya bisa, tapi kudu diganti semua chord selanjutnya

      Delete