advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Saturday, January 5, 2013

Cara Mudah Membaca TAB (Tabilature) Gitar

Cara Baca TAB (Tabilature) Gitar

Hallo sobat netter, semoga anda selalu sehat dan bertambah kaya (Amin)

Kali ini saya akan bahas mengenai Cara Mudah Membaca TAB (Tabilature) Gitar, atau biasa disingkat dengan Tab Gitar

Bagi anda yang ingin belajar melody gitar / lead gitar, sangat saya sarankan HARUS BISA membaca Tabilature. Kenapa?

Tabilature adalah cara yang paling mudah bagi anda untuk belajar melody gitar, karena selain bacanya mudah, banyak sekali gitaris2 di dunia ini yang sudah membuat tab gitar gratis. Lagu dari aliran musik apapun bisa anda dapatkan dan downloadable. Anda bisa langsung download tab gitar nya gratis dan bisa langsung memainkannya.

Di blog ini pun saya akan mengupload tab gitar gratis pilihan admin, dan pastinya unik. Jadi follow atau like fan page fb kami ya... untuk mempermudah anda mendapatkan update artikel dan tab gratisnya.

Oke kembali ke Tab Gitar
Satu hal yang menjadi kelemahan tab gitar adalah anda tahu posisi fret yang harus ditekan, tapi tidak bisa tahu bunyi lagunya (Saya harap anda tahu maksud saya). Anda harus memakai alat bantu penunjang berupa video, midi atau mp3 untuk tahu "bunyi lagunya gimana".

Nah langsung aja deh biar ga bingung,

Berikut ini adalah contoh tab gitar:

Saya ambil dari lagu nasional saja, tentu anda tahu lagu Ibu Kita Kartini bukan?

Maaf kalo anda dari luar negeri, tapi saya asumsikan anda dari Indonesia jadi pasti tahu lah.. hehe

Contoh 1:

E-----------0--1---3----0----------
B-1----3--------------------1------
G-----------------------------------
D-----------------------------------
A-----------------------------------
E-----------------------------------
     I    Bu   Ki ta  Kar  ti  ni

Cara bacanya?

Perhatikan gambar:


Huruf E yang paling atas adalah senar no 1 (string), yang paling bawah adalah senar no 6 (bass). Perhatikan panah biru digambar tersebut. Angka adalah posisi nada yang harus ditekan di fret gitar.

Jika posisinya seperti itu maka untuk membaca angka 1 di tab tersebut adalah tekan fret no 1 di senar no 2 (string).

Begitu juga selanjutnya, membaca angka 3 adalah tekan fret no 3 di senar no 2 dan seterusnya

Sekarang coba tekan nada tersebut, mainkan dengan bunyi lagu Ibu kita Kartini

Oke? sudah bisa?
Sekarang Contoh 2:

E-----------0--1---3----0---------
B-1----3--------------------1-----
G----------------------------------
D----------------------------------
A-3----------------3--------------
E----------------------------------
    I    Bu   Ki ta  Kar  ti  ni


Ada perbedaan dengan contoh pertama yaitu ada angka 1 di senar no 2(string) dan angka 3 di senar no 5 (bass) benar bukan?

Cara bacanya sama dengan yang diatas tapi jika anda menemui ada 2 angka dalam 1 deret, maka cara bacanya adalah: 

Fret no 1 di senar no 2 dan fret no 3 di senar no 5 dipetik / dibunyikan secara bersamaan.

Sekarang coba bunyikan

Jika sudah bisa kita menuju ke contoh 3:

E-----------0--1---3----0---------
B-1----3-----------1--------1-----
G-0----------------0--------------
D----------------------------------
A-3----------------3--------------
E----------------------------------
     I    Bu   Ki ta  Kar  ti  ni


Contoh 3 ini mirip dengan contoh ke 2, yaitu ada lebih dari 1 angka dalam 1 deret. Cara membacanya sama, yaitu :
  1. Fret no 1 di senar no 2,
  2. Fret no 0 ( tidak ada yang ditekan, tapi tetap dipetik) di senar no 3
  3. dan Fret no 3 di senar no 5 dipetik / dibunyikan secara bersamaan

Oke, bisa dipahami ya? di contoh no 3 anda sudah bertemu dengan tab gitar yang memuat melody dan chord secara bersamaan bukan?

Inilah praktisnya tab gitar

Untuk itu saya harap anda belajar pelan2 untuk bisa memahami dengan baik cara baca tab gitar ini, ok?

Nah, lagu diatas tentu sangat familiar bagi anda, anda langsung tahu lagunya jadi enak juga ketika memainkannya. Tapi bagaimana dengan lagu yang kita belum tahu bunyi lagunya? ini yang jadi masalah
Kelemahan tab gitar adalah disini

Sebenarnya untuk bisa mengetahui keduanya dalam sebuah text/gambar anda harus belajar not balok, tapi not balok menurut saya agak susah, dan kita akan bahas kapan2 saja lah (kalo saya sudah ingat, hehe)

Tapi meskipun susah anda harus tetap belajar not balok, karena ini adalah skill standart yang seharusnya dimiliki oleh pemain musik, dan tentunya akan bisa melatih kepekaan anda terhadap lagu.

Jika anda menguasai not balok, anda bisa memainkan lagu seperti membaca koran. Sambil baca kertas berisi not saja anda bisa langsung memainkan lagu tanpa harus tahu lagunya lebih dahulu. Keren kan?

Nah, lalu gimana solusinya? kalo anda belum tahu bunyi lagu di tab gitar tapi pengen bisa menguasai isi tab gitar itu?

Mudah saja

Kalau saya ada 2 cara, yaitu:
  1. Mainkan tab gitarnya sambil denger lagu yang mau kita pelajari, bisa lewat video, mp3 atau midi.
  2. Mainkan tab gitarnya dengan alat bantu software Guitar Pro.

Software ini sangat dahsyat menurut saya, karena anda akan bisa belajar tab gitar seperti membaca not balok. Software tersebut memadukan dua kelebihan dari tab gitar dan not balok. Yaitu tab gitar mudah membaca posisi fretnya, dan not balok mudah untuk mengetahui bunyi lagunya. Dengan software ini kita bisa baca nada di fret gitar dalam bentuk angka dan sekaligus tahu bunyi lagunya karena sudah diset sedemikian rupa sehingga mudah bagi kita untuk belajar tab gitar.

Saya akan bahas Guitar Pro di post berikutnya, tetep pantau blog ini dengan menjadi follower kami atau cukup klik tombol like di fan page fb kami : Belajarguitarzone untuk mendapatkan artikel gratis lainnya.
Ok?

Anda boleh bertanya, atau memberi komentar apapun tentang topik ini, (asalkan jangan SPAM ya) di kolom komentar. Agar kita bisa berinteraksi dan saling berbagi ilmu...

see you

Baca Cara Mudah Membaca Tab Gitar Part 2 disini

Lihat semua artikel lain tentang Belajar Guitar dari nol khusus pemula disini

17 comments:

  1. Minta tab gitar ibu kita kartini yang lengkap dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ne bro saya kasi kelanjutan tab lagu Kartini cman saya jg ga tau benar ap ga soal nya ii sesuai insting saya dan saya jga masih bru bljr main gitar makanya saya gabung di blog ini, jd maaf klo seandainya nada nya ad yg ga pas,,

      e--5--8--7--5--3|--1--5--3--1--0------------------|
      B---------------|-----------------1--3--6--5--3--1|
      D---------------|---------------------------------|
      G---------------|---------------------------------|
      A---------------|---------------------------------|
      E---------------|---------------------------------|


      e--1--0--1--5--3--5--3--0--|------------------|
      B-------------------------1|--5--3--5--6--8--5|
      D--------------------------|------------------|
      G--------------------------|------------------|
      A--------------------------|------------------|
      E--------------------------|------------------|


      e--1--0--1--5--3--5--3--0--|-------------------|
      B-------------------------1|--5--3--6--0--3--1-|
      D--------------------------|-------------------|
      G--------------------------|-------------------|
      A--------------------------|-------------------|
      E--------------------------|-------------------|

      sekian tabilature lagu Ibu kita Kartini mnurut yg saya coba2 cari pke insting pemula,, bang ryoon akbar cba di koreksi bener ap ga ini tabilature saya klo ga harap maklum bang saya aj bru bljr juga maka nya saya mampir di blog anda,, blog anda membahas semua materi berkaitan tentang gitar sangat komplit sekali jadi saya sngat suka :D. Oh iya saya mau tnya klo di lambang tabilature ad kode 3h~4 itu mksd nya ap,,
      thank's aats informasi nya jgn lupa di update trus.
      salam knal :D

      Delete
    2. terimakasih atas apresiasinya ya tetep dukung BGZ terus :D

      Delete
  2. wah sory bro, ane ga bikin versi lengkap soalnya cuma buat contoh aja, hehe, dicari2 aja sendiri buat latihan juga, salam kenal :D

    like fanpage nya juga ya

    ReplyDelete
  3. bang saya mau nnya juga tau ga arti istilah yg biasa dipake sperti verse, bridge, dan chorus. Trus klo seandai nya kita mau turunin nada dgn ubah chord contoh nya lagu andra and the backbone dari kunci E kita mau ubah dri D itu cara ukur chord nya gimana.
    Sekian di tunggu informasi nya :)

    ReplyDelete
  4. bro, kalau tab nya cuma angka gimana bacanya ? pernah liat yang kaya di facebook

    ReplyDelete
  5. mr simpel: contohnya gimana bro? ane kurang paham

    ReplyDelete
  6. trus metiknya ada tekniknya kan? gmna ajarin dong?

    ReplyDelete
  7. keren bro , izin contoh referensi bro

    ReplyDelete
  8. makasih bro.... belum di baca semuanya.. tapi agan sudah membantu....

    ReplyDelete
  9. thnkz bro :D
    tapi ane masih bingung tuh baca nya -,-

    ReplyDelete
  10. muantap gan tapi susah nge lakuinx

    ReplyDelete
  11. Belum nyambung ‎​Ώ̶̲̣̣̥кυ̲ ... :(

    ReplyDelete
  12. mantap banget bro...
    sangat membantu sekali.. :)

    ReplyDelete
  13. bang mau tanyak tanda “^”<<ini sebenarnya hammer on ato bending

    ReplyDelete