advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Monday, December 31, 2012

Mengenal Chord Gitar

Belajar Gitar Untuk Pemula

Bagian 1

Mengenal Chord


Apa itu chord? secara sederhana kebanyakan orang Indonesia menyebutnya dengan istilah kunci, ya, kunci gitar. Sekarang saya harap anda tahu jika nanti ada istilah chord maka itu sama artinya dengan kunci gitar. Mari kita pake istilah Chord agar lebih profesional, hehe. Chord itu pada dasarnya adalah kesatuan bunyi dari 3 nada atau lebih. Kita bisa ambil contoh chord C mayor, yang paling gampang.

Lihat gambar berikut
Chord C major

Digambar itu anda bisa melihat posisi jari tangan di fret gitar, sebenarnya secara sederhana, chord C hanya terdiri dari 3 nada saja yaitu nada C, E dan G.

Perhatikan gambar berikut ini :
Nada-nada  kunci C major

Lihatlah nada-nada yang tercantum dalam fret, cara membaca gambar diatas adalah dibalik, paling atas
adalah senar no 1 (string), dan paling bawah adalah senar no 6 (bass). Di senar no 1 nadanya E, 2 nadanya C, 3 nadanya G, 4 nadanya E lagi, dan 5 nadanya C lagi.

Perhatikan baik-baik ternyata bentuk kunci C major hanyalah 3 nada yang diulang ulang di senar yang lain, dan ternyata jika anda perhatikan semua chord dasar juga memakai prinsip yang sama.

Jika anda menekan minimal 3 nada itu, dimanapun posisi fretnya, maka chord C akan tercipta. Begitu juga dengan Chord yang lain, untuk membuat sebuah chord anda memerlukan minimal 3 nada yang menjadi kuncinya. Maka dari itu jika anda melihat chord-chord dalam musik rock atau punk rock, bentuk chord  yang digunakan relatif simple, yaitu hanya menggunakan 3 nada saja. Karena memang itu sudah bisa mewakili nada yang dibutuhkan.

Nah lalu seberapa pentingkah chord itu sendiri?

Chord dalam gitar sangat amat penting, anda tidak akan disebut pemain gitar dan tidak akan bisa memainkan sebuah gitar jika tidak menguasai Chord ini. Jika anda ingin memainkan lagu pun, anda membutuhkan bantuan chord. Maka dari itu jika anda pemula maka anda wajib untuk mempelajarinya.

Masalahnya sekarang adalah Chord dalam gitar sangat amat banyak. Iya memang, itulah kenyataannya, lalu bagaimana menghafalnya?

Sebenarnya pertanyaan seperti ini sering juga ditanyakan, tapi jawaban saya,  anda tidak harus menghafalkan semua chord, karena untuk memainkan gitar menguasai chord dasar saja itu sudah cukup.

Jadi kesimpulannya dalam bab ini, jika mau belajar gitar maka belajar Chord dulu,  tidak harus semua Chord tapi wajib bagi anda untuk menguasai Chord dasar agar bisa lancar memainkan lagu dengan gitar.

Sekarang kita masuk ke bab selanjutnya yaitu cara  Cara Cepat belajar Chord Gitar


Pelajari semua materi tentang Belajar Gitar Untuk Pemula disini

4 comments:

  1. Hehe oke cahaya, simak terus artikel kita ya, disitu sudah komplet kok buat belajar :D

    ReplyDelete
  2. Makasih , ini sangat bermanfaat untuk aku!

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete