advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Monday, December 31, 2012

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 2

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 2. Oke, setelah  kita belajar contoh lagu 1 2 dan 3, jika belum baca lihat disini contoh Chord Lagu 1. Sekarang kita menuju ke tahap selanjutnya yaitu bab ke 3 Cara Cepat Belajar Chord Guitar part 2.

Chord gitar ada sangat banyak jumlahnya. Tapi disini saya menekankan anda untuk belajar menghafal Chord dasar, tidak perlu semuanya, karena Chord gitar yang begitu banyaknya itu adalah hasil variasi dari chord dasar. Variasi ini bisa anda gunakan atau tidak terserah anda dan juga menyesuaikan kebutuhan dari lagu yang akan anda mainkan. Artinya jika anda sudah menguasai Chord dasar maka akan lebih mudah bagi
anda untuk menguasai jenis chord yang lainnya.

Jumlah total chord dasar gitar yang perlu anda kuasai menurut saya ada sekitar kurang lebih 14 chord terdiri dari 7 minor dan 7 major. Kemudian ditambah 10 chord bersimbol # (kres). Selebihnya masih banyak jenis veriasi Chord gitar lainnya, tapi saya rasa itu dulu sudah cukup. Nantinya akan saya berikan daftar Chord gitar lengkap untuk anda.

Cara Cepat Belajar Chord Guitar part 2Oke sekarang kita masuk ke cara menguasai chordnya. Intinya sebenarnya sama dengan posting saya sebelumnya di Cara Cepat Belajar Chord Guitar, yaitu anda manfaatkan pola chord nya dan aplikasikan chord yang anda pelajari dalam lagu favorit anda. Ditambah dengan perbanyak latihan dan wawasan lagu.

Sebelum melangkah lebih jauh, disini saya sarankan anda untuk belajar membaca diagram Chord, karena saya yakin anda akan membutuhkannya. Diagram chord bisa dikatakan seperti kamusnya seorang gitaris, artinya sama dalam hal fungsi, ketika anda kebingungan membaca sebuah chord dalam lagu maka anda bisa membuka diagram chord  untuk mengetahui bagaimana bentuk Chord yang dimaksud. Membaca diagram chord ini agak berbeda caranya dengan membaca tabilatur. 

Contoh diagram chord adalah seperti ini:


sedangkan tabilatur adalah seperti ini:


Oke untuk tutorial membaca tabilatur dan diagram chord akan saya berikan di post selanjutnya, sekarang kita akan memakai cara yang lebih mudah terlebih dahulu untuk belajar chord dasar yang lainnya. Jika di awal kita sudah membahas tentang 7 chord dasar maka sekarang di Cara Cepat Belajar Chord Guitar part 2 kita akan bahas 12 chord sisanya yang harus anda kuasai.

Saya akan membagi menjadi dua sesi. sesi pertama adalah 6 Chord terlebih dahulu yaitu: D, A, Bm, B, F#m, dan C#m 

Cara belajar chord ini adalah anda cukup melihat posisi nada yang harus anda tekan di fret gitar anda, hati-hati biasanya kendala seorang pemula dalam gitar adalah kesulitan memainkan Chord dalam bentuk kres (#) atau kunci tegak, memang butuh usaha lebih dalam hal ini. Awalnya tangan anda mungkin akan sakit dan terasa kaku, tapi tenang saja, itu hal yang biasa dalam bermain gitar. Kuncinya cukup tekun latihan dan memainkan chord dengan lagu favorit anda

oke mari kita mulai:
1. Chord D major (D)
Cara bacanya: 
Paling atas adalah senar no 1 (string) dan paling bawah adalah senar no 6(bass)
yang ditandai warna hijau adalah yang harus anda tekan dan dipetik, sedangkan bulatan kosong adalah senar yang tidak perlu ditekan tetapi anda boleh memetiknya.

 2. A major (A)

3. B minor (Bm)


untuk memencet fret di senar no 1 dan 5 gunakan kunci tegak

4. B major (B)
Gunakan kunci tegak

5. F# minor (F#m)
Gunakan kunci tegak

6. C# minor (C#m)
Gunakan kunci tegak


6 Chord gitar diatas adalah Chord gitar yang harus anda latih berikutnya, seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa kunci tegak agak susah bagi pemula, tetapi tidak masalah. Tetap belajar dan berlatih, anda pasti bisa.

Mungkin anda bertanya mengapa harus 6 Chord diatas? kok kesannya diacak? sebenarnya saya memang sengaja mengacaknya karena agar bisa lebih mudah untuk anda berlatih dengan lagu, 6 chord ini juga biasa ditemui dalam pola chord dengan nada dasar A atau D, dan juga E. Untuk itulah saya memberikan 6 chord ini terlebih dahulu di Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 2 ini, beserta contoh lagu yang dapat anda gunakan untuk latihan di post berikutnya.

Untuk itu selamat berlatih, kuasai chord nya, saya akan mempostkan contoh lagu untuk belajar 6 chord di atas di post selanjutnya.

Semoga materi saya di Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 2 ini bermanfaat

See you

post selanjutnya klik disini Contoh Chord Lagu 4

Pelajari semua materi tentang Belajar Gitar Untuk Pemula disini

No comments:

Post a Comment