advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Wednesday, January 9, 2013

Cara Mudah Menyetem Gitar (Tuning Gitar)

Cara Mudah Menyetem Gitar (Tuning Gitar)
Garpu Tala

Hallo sobat netter, semoga anda selalu sehat dan bertambah kaya

Kali ini saya akan sharing tentang cara mudah menyetem gitar, dalam bahasa kerennya tuning gitar. 

Kenapa Gitar perlu disetem / tuning?

Karena, yang namanya Gitar secanggih dan semahal apapun dia, fungsi intinya hanya satu yaitu alat untuk menghasilkan bunyi (nada).

Artinya kalo gitar tidak menghasilkan bunyi yang bagus, maka hilanglah kehebatannya sebagai "gitar" itu sendiri.

Nah, salah satu faktor penting agar gitar itu bisa berbunyi dengan baik dan selaras adalah gitar itu harus dituning/setem.

Jika tuning nya salah, maka bunyinya pun akan salah.

Tuning benar = Suara / nada benar

Oke?

semoga penjelasan saya mudah untuk dipahami

Nah, mungkin di luaran sana banyak tips dan trik untuk mentuning gitar ini, tapi saya pribadi menggunakan setidaknya 4 cara mudah untuk mentuning gitar.

Apa itu?

Silahkan disimak satu- persatu 


1. Pertama. Setem / tuning gitar menggunakan melody tertentu.

Cara tuning gitar yang satu ini masih saya pakai sampe sekarang jika ingin mensetem gitar,

Tapi kenapa melody?

Sebenarnya, inti dari tuning gitar adalah mensetting nada agar nada tersebut bunyinya sesuai dengan nada standart. Nada standart (Tuning Standart) dalam gitar jika open string (tidak ada fret yang ditekan) adalah :
E : Senar No 1 (string)
B : Senar no 2
G : Senar no 3
D : Senar no 4
A : Senar no 5
E : Senar no 6 (bass)

Nah, nada2 diatas adalah nada standart / tuning standart gitar, jika anda menggunakan tuning di atas maka gitar anda akan sama dengan tuning gitar yang dipakai oleh umumnya musisi di Indonesia bahkan diseluruh dunia.

Masalahnya adalah kita sering tidak peka dengan bunyi nada E itu yang seperti apa atau nada A dll untuk itu anda butuh melody agar anda mudah untuk menghafal bunyi nadanya.

Mungkin di belahan bumi ini, ada sebagian orang yang memiliki perfect pitch, atau kemampuan alami untuk mengenali nada. Tapi kemampuan seperti ini langka adanya, beruntunglah jika anda menjadi salah satunya. Tapi kalau tidak pun tidak apa2, karena dengan cara menghafal melody seperti ini anda dapat juga mensetem / tuning gitar anda.

Lalu melody apa yang dipakai?

Sebenarnya ini terserah anda. Ambil saja satu melodi yang termudah. Saya pribadi memakai melodi intronya Nirvana, yang "Come As You are" karena simpel dan bisa mewakili nada. Untuk anda, silahkan anda pilih sendiri melodi yang anda suka, pilih yang melibatkan 2 atau 3 senar, agar anda bisa mengingat bunyi melodi tersebut untuk dipakai mensetem gitar. Selamat mencoba.

Kelebihan    : Praktis dan melatih kepekaan nada anda
Kekurangan : Bisa kurang valid, karena sangat tergantung pada kepekaan masing2 orang terhadap nada

2. Cara Kedua. Memakai software Tuning gitar.

Nah cara kedua ini ada berkat kemajuan teknologi. Sekarang anda bisa dengan mudah mendownload software yang fungsinya untuk tuning gitar. Banyak sekali jenisnya, baik itu yang standalone (berdiri sendiri) ataupun yang sudah build in di software tertentu,contohnya fasilitas tuning gitar yang ada di Guitar Pro, atau Guitar Rig. Saya pribadi kadang memakai gitar tuning yangdisediakan Guitar Rig.

Kelebihan     : Cenderung Valid, karena ada parameter digitalnya
Kekurangan  : Tidak praktis, karena butuh tools tertentu dan tidak membantu anda dalam melatih kepekaan nada

3. Cara Ketiga. Memakai bantuan nada Midi

Nah cara ini juga praktis dan patut anda coba, tapi sebelum itu jika anda belum tahu midi, Midi itu singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. Biasa ditemui sebagai salah satu format audio digital yang khusus menyajikan bunyi instrumental. Kalau anda punya HP dan ada ringtone nya, nah itu biasanya formatnya adalah MIDI.
Jika anda ingin lebih jelas, silahkan search di Google.
Nah cara mudahnya untuk tuning gitar adalah anda bisa merekam nada E, B, G, D, dan A tadi di Hp atau komputer anda sebagai acuan bunyi dalam mentuning gitar. Mudah bukan?

Orang2 jaman dulu, menggunakan cara yang hampir sama dengan metode ini, tapi bukan dengan midi tapi menggunakan garpu tala. Garpu tala fungsinya juga sebagai acuan nada, jika dibunyikan maka akan menghasilkan bunyi nada A. Nada ini yang dijadikan acuan untuk mensetem/mentuning gitar maupun instrumen lainnya. Mungkin cara ini masih dipakai sekarang, tapi jika anda tidak punya garpu tala, cukup pakai acuan nada dari midi saja yang saya share diatas.

Saya pribadi menggunakan bantuan nada berformat midi dari software guitar pro

Kelebihan    : Cenderung Valid dan mudah, cukup melatih kepekaan nada
Kekurangan : Kurang praktis, karena butuh tools tertentu

4. Cara Keempat. Menggunakan teknik harmonic

Cara ini adalah cara yang diajarkan guru saya dulu, sangat efektif ternyata. Yaitu menggunakan bantuan teknik harmonic. Caranya adalah jika anda membunyikan nada A di senar no 6 (bass) dengan harmonic, dan nada E di senar no 5 dengan harmonic juga secara bersamaan, maka ada 2 parameter:

  1. Bandingkan bunyinya, jika bunyinya sama, maka sudah benar (setem)
  2. Perhatikan bunyinya jika masih ada bunyi yang bergelombang (susah jelasinnya, tapi kira2 seperti itu lah) maka senar gitar anda belum setem, harus diputar lagi hingga tidak ada bunyi bergelombang.
Cara ini berlaku untuk semua senar kecuali senar no 2 dengan 3.

Kelebihan    : Praktis dan valid
Kekurangan : Validitas tergantung kepekaan nada, dan juga butuh menguasai teknik gitar tertentu

Nah, 4 cara diatas biasa anda pilih sesuai selera anda. Masing2 ada kelebihan dan kekurangan

Tapi saran saya adalah lakukan saja semuanya. Terutama latih selalu cara pertama dan ke empat, kenapa?
Karena anda harus melatih kepekaan telinga anda dalam mengenali nada. Anda butuh kemampuan ini jika ingin bermain musik.

Kembali ke cara mudah menyetem gitar, parameter keberhasilan anda dalam mensetem gitar adalah jika gitar anda tersetem dengan benar minimal sesuai dengan nada standart (karena ada juga gitaris dunia yang memakai tuning gitar yang unik) jadi jika keempat cara tersebut bisa membuat gitar tersetem dengan baik maka lakukan saja semuanya. 

Gak perlu pilih2, artinya :

Gitar tersetem = Beres

tidak peduli cara apa yang anda pake.

yang penting adalah hasilnya

Oke?

Semoga artikel ini bermanfaat

Anda boleh bertanya, atau memberi komentar apapun tentang topik ini, (asalkan jangan SPAM ya) di kolom komentar. Agar kita bisa berinteraksi dan saling berbagi ilmu...

see you

Lihat semua artikel lain tentang Belajar Guitar dari nol khusus pemula disini

12 comments:

  1. mantab infonya bbro,, sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke bro, silahkan baca2 artikel belajarguitarzone lainnya

      Delete
  2. kalau ane, pake dengerin lagu dari senar 6(E)...kalau dah dapet disitu tinggal pake perasaan...blom pernah coba pke garpu tala..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip bro, yang penting gitar tersetem maka beres deh, hehe
      ane pribadi juga belum pernah coba garpu tala, kalo megang aja sih pernah hahaha

      Delete
  3. keren bro , mohon izin sebagai referensi bro :D

    ReplyDelete
  4. Saya baru mau blajar main gitar. Dan utk itu perlu ngestem gitar'y dlu. Tp, saya ga puny kpekaan yg bagus ttg nada, cara apa yg kira2 plg sederhana buat saya. kalo baca penjelasan di atas yg lbh sdrhana kyk'y yg berdasarkan melody tertentu, tapi saya bahkan ga tau melody yg pake 2-3 senar itu, kan sy blm bs main gitar...
    Apa yg bs sy lakukan?

    ReplyDelete
  5. Baca ini juga gan ==>> Cara Nyetem Gitar Paling Mudah Pake hp android <===

    ReplyDelete