advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Wednesday, January 2, 2013

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 4

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 4

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 4 adalah versi terakhir dari Cara Cepat Belajar Chord dasar gitar yang saya rekomendasikan untuk anda hafalkan, nah disini kita akan melanjutkan sisa Chord gitar dari versi sebelumnya yaitu Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 (UPDATE) . Chord yang akan saya bahas di artikel ini adalah Chord - chord tegak anggota # major, pada nada di senar no 6 (bass) dan no 5 (bass). Chord tersebut adalah  C kres (C#), D kres (D#), F kres (F#), G kres (G#) dan A kres (A#).

Seperti artikel saya sebelumnya, agar mudah bentuk posisi jari dari ke 5 chord di atas juga ada 2.  yaitu:

1. Bentuk jari untuk nada2 # major di senar no 5   (mulai dari Bb, C, C#, D, D#, E dst)
2. Bentuk jari untuk nada2 # major di senar no 6.  (mulai dari F, F#, G, G#, A, A# dst)
(saya akan bahas lebih lanjut tentang nada2 di fret guitar di post yang lain, saat ini anda cukup fokus ke bentuk chord terlebih dahulu)

Oke tidak perlu banyak teori, mari lihat gambar berikut ini, perhatikan baik baik:


Gambar ini adalah gambar bentuk jari B major yang di mainkan di senar no 5
Gambar diatas saya rasa cukup mewakili bentuk jari untuk C# major, karena bentuknya memang sama, hanya posisi fret nya saja yang berbeda. Saya minta anda untuk fokus pada gambar tersebut dan coba praktekkan di gitar anda. (praktek dengan chord B major juga tidak masalah).

Jika sudah, coba petik gitar anda menggunakan chord tersebut, apabila semuanya sudah berbunyi dengan baik, maka ulangi sekali lagi, sampai benar2 lancar. Bagi anda yang kemaren sudah lancar memainkan chord B major sekarang mari kita menuju ke C# major.

Bentuk jari C# major adalah sama dengan bentuk jari B major pada fret guitar. Dan bentuk ini digunakan untuk semua jenis chord major kunci tegak pada nada di senar no 5. Artinya entah itu C, C#, D, D# dst, selama itu major dan menggunakan kunci tegak maka bentuknya sama.Untuk itu jika anda sudah lancar satu chord saja, saya yakin anda pasti bisa menguasai chord lainnya dengan mudah.

Sekarang jika anda sudah tahu bentuk jari dan sudah lancar memainkan chord B major, silahkan anda praktekkan bentuk  tersebut di chord - chord dibawah ini. Ingat, bentuknya sama, hanya posisi fretnya yang beda.

cekidot:

1. C#
Cara bacanya:
Paling atas adalah senar no 1 (string) dan paling bawah adalah senar no 6(bass)

yang ditandai warna hijau adalah yang harus anda tekan dan dipetik, sedangkan bulatan kosong adalah senar yang tidak perlu ditekan tetapi anda boleh memetiknya. 

Fret nomor 1 dimulai dari paling kiri, fret dengan titik berjumalah 2 buah adalah fret no 12
Chord C# major


2. D#
Cara bacanya:
Paling atas adalah senar no 1 (string) dan paling bawah adalah senar no 6(bass)

yang ditandai warna hijau adalah yang harus anda tekan dan dipetik, sedangkan bulatan kosong adalah senar yang tidak perlu ditekan tetapi anda boleh memetiknya. 

Fret nomor 1 dimulai dari paling kiri, fret dengan titik berjumalah 2 buah adalah fret no 12
 


chord D# major
Perbedaan dengan C# adalah posisi fret nya saja

Chord diatas adalah untuk diaplikasikan di nada2 major senar no 5, untuk selanjutnya adalah bentuk jari ke 2, yaitu untuk nada2 major di senar no 6.

Perhatikan gambar berikut:

chord F# major
Chord F#


Perhatikan baik-baik, gambar diatas adalah bentuk chord F#. Senar yang ditekan pada fret no 2 di senar no 6 tersebut adalah nada F#, jika anda mau memainkan chord ini, fret tersebut harus ditekan. Sebenarnya jika anda perhatikan semua kunci tegak dasar juga seperti itu, nada pertama yang di tekan di senar no 5 atau 6 adalah nada yang mewakili chord tersebut, contoh (F#, nada pertama di senar no 6 yang ditekan pasti juga F#,  C# nada pertama yang ditekan juga adalah C#)

bagaimana? anda bingung?

hehe

Kalau bingung cukup lihat bentuknya dan langsung praktekkan saja di gitar anda oke?
Lihat gambar dibawah, selamat mencoba

1. F#

Chord F#

Bentuknya 
2. G#

 Gambarnya:
chord G# major
Perbedaan dengan F# adalah letak fretnya saja



3. A#

Gambarnya :
chord A# major
Perbedaan dengan G# adalah posisi fretnya saja

 A# biasa dikenal dengan Bb, keduanya adalah chord yang sama, hanya berbeda namanya

Oke, silahkan anda coba praktekkan Chord-chord di atas, mainkan dengan lagu favorit anda agar semakin lancar memainkannya. Ini adalah sesi terakhir dari cara cepat menguasai chord guitar rekomendasi saya, metode ini cukup efektif untuk saya ketika dulu belajar gitar, dan sangat mungkin sekali setiap pemain gitar memiliki cara nya sendiri - sendiri untuk belajar gitar. Semoga metode inipun berhasil untuk anda.

Di postingan selanjutnya akan saya berikan lagi contoh chord lagu yang akan menunjang anda dalam belajar chord gitar di materi Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 4 ini. Untuk itu tetap simak artikel2 di blog belajarguitarzone, andapun bisa berlangganan artikel dari kami agar mempermudah mendapatkan update materi berikutnya.

Semoga materi  Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 4 ini bermanfaat


Salam sukses,

Sampai ketemu di posting selanjutnya

See you

Lihat semua artikel lain tentang Belajar Guitar dari nol khusus pemula disini

1 comment: