advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Tuesday, January 1, 2013

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3

Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 adalah lanjutan dari Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 2 , kali ini saya akan berbagi 6 chord selanjutnya yang harus anda kuasai, yaitu C minor (Cm), F minor (F), G minor (Gm), D kres minor (D#m), G kres minor G#m), A kres minor (A#m).

Dalam artikel  Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 ini saya sengaja memberikan ada materi Chord minor semua karena agar mempermudah anda dalam belajar kunci tegak. Semua Chord diatas sebenarnya mudah karena bentuk posisi jari di fret hanya dua jenis saja. 

Bentuk yang pertama, bentuk jari di deretan fret senar no 5 (bass) tanpa memetik senar no 6. Anda bisa lihat contoh berikut:

Ini adalah contoh Chord C minor
Perhatikan baik-baik bentuk jari di atas, semua chord dalam bentuk minor, jika menggunakan kunci tegak pada nada yang ada di senar no 5 (artinya itu adalah deretan nada A#m, Bm,Cm, C#m, Dm dst), pasti memakai bentuk jari yang sama. Bentuk jari tersebut merupakan bentuk jari minor, tapi hanya berlaku di senar no 5

Nah, latihan di Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 ini saya khususkan agar anda menghafal bentuk Chord tersebut sehingga penguasaan anda terhadap kunci tegak menjadi lebih baik. Syaratnya adalah lakukan ini berulang-ulang dan terapkan dalam lagu.

Jika anda sudah menguasai bentuk posisi jarinya di fret gitar anda, maka akan sangat mudah bagi anda untuk memainkan chord minor yang lain, karena hanya tinggal menggeser posisi fret saja.

Semudah itukah?

yup,

untuk itu mari praktek sekarang...

Dibawah ini saya sudah siapkan daftar Chord minor yang harus anda kuasai, cara membacanya sama dengan tutorial sebelumnya, selamat mencoba..

1. C minor (Cm)
Cara bacanya: 
Paling atas adalah senar no 1 (string) dan paling bawah adalah senar no 6(bass)
yang ditandai warna hijau adalah yang harus anda tekan dan dipetik, sedangkan bulatan kosong adalah senar yang tidak perlu ditekan tetapi anda boleh memetiknya. 
Fret nomor 1 dimulai dari paling kiri, fret dengan titik berjumalah 2 buah adalah fret no 12

 Bentuknya :
Perhatikan baik baik bentuk itu, jika belum sama, samakan bentuk jari anda


2. D kres minor (D#m)
Cara bacanya sama dengan yang c minor, bentuk D#m ini sebenarnya sama dengan Cm hanya bedanya di letak fretnya saja, jadi jika anda sudah menguasai chord Cm (atau C#m di post sebelumnya) maka anda pasti tidak akan kesulitan


Oke 2 itu adalah chord yang harus anda kuasai di Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3, kok cuma 2 chord?
ya, saya sengaja akan sambung lagi di post berikutnya, agar anda bisa konsentrasi untuk bisa belajar sedikit demi sedikit. Lebih baik sedikit-sedikit tapi bisa daripada tahu banyak tapi tidak bisa bukan? hehe
Semoga materi di Cara Cepat Belajar Chord Gitar part 3 ini bermanfaat.

Di post selanjutnya saya akan berikan contoh lagu agar anda mudah mengaplikasikan 2 chord diatas
Contoh lagu untuk melatih chord diatas ada di Contoh Chord Lagu 5 

see you

Lihat semua artikel lain tentang Belajar Guitar dari nol khusus pemula disini





No comments:

Post a Comment