advertisement

Sponsor

Video Belajar Gitar Gratis

Saturday, January 12, 2013

NEW!! Cara Cepat Melatih Strumming Gitar


Hallo sobat netter. semoga anda selalu sehat dan bertambah kaya (amin)

Kali ini saya akan sharing tentang Cara Cepat Melatih Strumming Gitar.


Apa itu strumming?
Dalam bahasa sehari-hari, orang Indonesia menyebutnya dengan istilah "genjreng" gitar

Kenapa penting?
Oke mari kita flash back ke posting2 sebelumnya,

Anda sudah belajar tentang chord gitar, bentuk-bentuknya, cara mudah menguasainya bahkan cara baca tabilature dan segala macem.

Sehebat apapun anda memainkan chord gitar...

Sehebat apapun anda membaca tab gitar...
atau bahkan sekeren apapun bentuk jari anda di fret gitar (sampe jari anda kemana -mana)...

Tapi....
Kalau tidak ada bunyinya..
Semua itu akan jadi percuma

hmmm, iya kan?


Strumming itu dalam bahasa saya adalah teknik memetik senar gitar anda agar bisa mengeluarkan bunyi sesuai dengan yang anda harapkan.

Nah, karena fungsi utama strumming adalah membuat gitar anda dengan segala macam accessoriesnya itu Bisa Mengeluarkan Bunyi. Maka tentu ini sangat penting. Untuk itu baca dan praktekkan cara yang saya sharing kali ini agar anda bisa membunyikan gitar anda sehingga bisa mengeluarkan bunyi seperti yang anda harapkan.

Oke?
Kita lanjut...

Dalam strumming anda butuh alat bantu, yaitu pick gitar, yang belum tahu bentuknya ini dia

Cara Cepat Melatih Strumming Gitar
Pick Gitar
Wajib ga sih pake ini?

Kalo jawaban saya..

Bisa ya, bisa tidak
  • Wajib kalo anda ingin mendalami teknik gitar dan melody gitar, khususnya gitar elektrik
     
  • Tidak, kalo anda hanya pake ini untuk maen gitar sehari hari
Intinya pick gitar hanya alat bantu yang akan memudahkan anda dalam memetik senar pada gitar. Pick gitar pun akan dipakai tergantung pada kebutuhan lagu yang akan anda mainkan.

Kok gitu?

Anda tahu Sung Ha Jung bukan?

Sung Ha Jung
Penampakan Sung Ha Jung

Dia adalah gitaris muda berbakat dari Korea yang memainkan lagu2 nya hampir tidak memakai pick gitar. Kenapa? karena lagu2 yang dia dimainkan memang ga terlalu BUTUH pick gitar. Bermain gitar tanpa bantuan pick seperti inipun adalah hal yang lazim dalam permainan gitar bahkan ada namanya sendiri yaitu finger picking. artinya memetik gitar tanpa pick, tapi pake jari anda. Saya akan bahas teknik ini di post yang entah kapan akan datang (hehe), soalnya ini agak advanced.

Kenapa pick gitar wajib bagi pengguna gitar elektrik. Karena pick gitar akan memudahkan anda memainkan melody, dan suara gitar elektrik anda akan lebih powerfull.

Oke, karena dalam sharing kali ini saya ingin sharing soal Cara Cepat Melatih Strumming Gitar, maka kita akan pake metode yang menggunakan pick gitar. kenapa?

Karena kalo anda terbiasa melatih tangan anda memainkan gitar dengan pick gitar, anda pun tetap bisa memainkan gitar tanpa menggunakan pick gitar, tapi sebaliknya kalo anda tidak terbiasa melatih tangan anda dengan pick gitar, maka saya yakin anda akan canggung ketika harus pake pick gitar.

Jadi mana yang lebih baik?

Tentu saja yang pake pick gitar
Untuk itu jika anda yang ingin belajar dan belum punya pick gitar, segera beli!!!

Nah kembali ke strumming.
Saya akan membagi latihan strumming ini menjadi 2 bagian, pertama adalah :
  1. latihan strumming pada 1 senar
  2. latihan strumming pada lebih dari 1 senar
Kita menuju yang pertama:
1. Latihan Strumming pada 1 senar

Sebelum kita menuju ke strumming pada lebih dari 1 senar, ada baiknya anda mencoba di 1 senar terlebih dahulu. Pertama-tama, Dalam strumming anda akan saya perkenalkan dengan dua teknik penting, yang namanya adalah up stoke dan down stroke. Saya harap anda bisa kenalan dan akrab dengannya. Karena keduanya punya sifat yang berbeda. Oke mari kita kenalan dulu..

Up stroke adalah memetik senar gitar anda dari bawah ke atas. artinya? ya dari bawah ke atas, dipetik mulai dari bagian bawahnya senar menuju ke senar gitar.

Jika satu senar maka petikan anda mulai dari bagian bawah senar naik hingga mengenai senar
Lihat ilustrasi berikut:

Up Stoke = Petik dari bawah Ke atas

Oke?

Downstroke adalah kebalikannya, memetik senar gitar dari atas ke bawah, mulai dari bagian atas senar menuju ke bawah hingga mengenai senar lihat ilustrasi berikut:
Down Stroke : Petik dari atas ke bawah
NB: Gambar diatas adalah ilustrasi, memang saya sengaja agak lebay dalam posisi tangannya agar anda jelas perbedaan posisinya, jika nanti anda praktekkan, cukup posisikan tangan kanan anda di dekat senar yang anda petik. Tidak perlu terlalu jauh

Jelas ya?

Biasanya kebanyakan orang lebih terbiasa dengan downstroke dibanding upstroke, karena memang lebih mudah. Tapi untuk melatih anda menjadi seorang gitaris, saya harap anda melatih keduanya. Jangan hanya pake downstoke, karena si downstroke ini memang mudah tetapi anda akan kerepotan jika hanya memakai teknik ini untuk memainkan melody/solo yang tergolong fast melody. Yakin deh, melatih keduanya akan sangat berguna bagi siapapun dan di level apapun anda dalam belajar gitar.

Lalu bagaimana melatihnya?

Up stroke

Perhatikan gambar diatas, gambar tersebut adalah kondisi gitar dalam keadaan open string (dibunyikan tanpa memecet fret. Bulatan merah 1 adalah simbol downstoke dan bulatan merah 2 adalah simbol upstroke. Coba mainkan di 1 senar terlebih dahulu. Mainkan di senar no 1 dan 6 seperti gambar di atas.

Mungkin, sebagian dari anda yang membaca artikel ini adalah gitaris yang sudah ahli dan barangkali ada yang tidak sepakat dengan saya karena memasukkan kategori memetik 1 senar ke dalam latihan strumming. Gapapa tidak masalah.

Disini saya hanya ingin anda yang masih pemula merasakan terlebih dahulu dua teknik ini di 1 senar agar terbiasa. Karena ujung2nya kita akan sampai juga ke post melody gitar. Saya akan membahas latihan dua teknik ini di satu senar lebih dalam nanti ketika post tentang latihan dasar melody. Kali ini khusus untuk dasar strumming kita perdalam di bentuk yang ke dua yaitu strumming di lebih dari satu senar.

2. Latihan Strumming Pada Lebih dari 1 Senar
Oke, inti dari post ini adalah pada pembahasan kedua ini, karena masih dalam tahap dasar. Kita akan menerapkan upstroke dan downstoke pada lebih dari 1 senar, bahkan bisa ke semua senar.
Caranya sama hanya jumlah senarnya yang beda. disini Upstroke dimulai dari bagian bawah senar ke senar di atasnya dan downstroke dimulai dari bagian atas senar ke senar di bawahnya keduanya dilakukan sampai batas tertentu. 
Pada dasarnya 1 hal yang harus anda pahami adalah setiap strumming dipakai untuk membunyikan nada pada gitar baik itu dalam bentuk chord yang anda tekan maupun bukan dalam bentuk chord.

Itu intinya..

Jadi, jika kaitannya dengan bunyi maka strumming butuh variasi sedemikian rupa agar bisa sesuai dengan lagu yang dimainkan. Strumming harus menyesuaikan lagu yang anda mainkan agar strumming anda berguna. Bentuk strumming akan berubah ubah menyesuaikan tempo dan ketukan lagu.

Disini saya akan sharing beberapa bentuk strumming yang bisa anda latih, agar anda bisa memainkan banyak jenis lagu. Saya akan pakai lagu yang paling simpel agar anda semua mudah memainkannya yaitu Ibu Kita Kartini (lagi). Tapi dalam beberapa versi strumming. oke?

Perhatikan simbol yang ada di gambar, simbol M artinya metronome/ketukan, silahkan anda mainkan lagu untuk melatih strumming ini sambil membuat ketukan di kaki anda. Oke?
Chordnya C-C-F- kembali ke C dst...

Strumming bentuk 1.
Ini adalah bentuk yang paling dasar hanya menggunakan downstroke perhatikan gambar berikut:
strumming gitar

Strumming bentuk 2
Memakai variasi up and down stroke:



Strumming bentuk 3
hanya downstroke tapi lebih cepat:


Strumming bentuk 4
memakai variasi up and down lebih sering dan cepat:



Silahkan praktekkan 4 jenis strumming tersebut hingga anda lancar memainkannya, latih terus dengan lagu yang berbeda-beda. Dan silahkan eksplore sendiri bentuk strumming lainnya

Semoga artikel Cara Cepat Melatih Strumming Gitar ini bermanfaat

Anda boleh bertanya, atau memberi komentar apapun tentang topik ini, (asalkan jangan SPAM ya) di kolom komentar. Agar kita bisa berinteraksi dan saling berbagi ilmu...

see you

Lihat semua artikel lain tentang Belajar Guitar dari nol khusus pemula disini

Blog ini disponsori oleh:

6 comments: